Minggu, 23 Oktober 2016

Banyak nasabah yang menggunakan fasilitas sms banking, M-banking atau mobile banking untuk kemudahaannya bertransaksi. Apalagi, dengan adanya promo mobile banking yang terkadang diberikan oleh pihak bank, makin banyak saja yang memanfaatkan kemudahan transaksi ini. Namun, meskipun sudah sering menggunakan berbagai fasilitas ini, ternyata masih banyak, loh, yang belum memahami perbedaan antara ketiga teknologi ini.

Supaya kita tidak salah lagi dan menganggap semuanya sama, yuk, cari tahu perbedaan antara M-banking, sms banking dan mobile banking.

Sms banking
Sesuai dengan namanya, fasilitas SMS banking ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui sms. Sistem kerjanya yaitu, nasabah mengirimkan sms ke nomor yang telah ditentukan, dengan isi kode yang telah ditentukan oleh pihak bank. Kode ini akan berbeda untuk setiap transaksi. Misalnya, kode untuk transfer akan berbeda dengan kode untuk pengisian ulang pulsa. Setelah mengirimkan kode, nasabah akan menerima sms yang meminta nasabah untuk membalasnya dengan pin milik nasabah (sistem bisa sedikit berbeda pada setiap bank). Setelah memasukkan pin, transaksi akan dinyatakan berhasil dan nasabah akan menerima sms konfirmasi dari transaksi yang dilakukan.


M-banking
Pada M-Banking ini, aktivitas transaksi dilakukan menggunakan aplikasi yang telah terinstal pada simcard yang digunakan oleh nasabah. Karena itulah, pengguna fasilitas ini biasanya harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke provider yang digunakannya. Namun, ada juga beberapa bank yang bekerjasama langsung dengan provider sehingga aplikasi M-Banking ini langsung tersedia. Nasabah hanya perlu meregistrasikan rekeningnya pada aplikasi M-Banking tersebut melalui customer service (sistem bisa berbeda pada setiap bank). Untuk melakukan transaksi, nasabah hanya perlu memilih menu yang ada pada aplikasi dan bukti transaksi akan dikirimkan melalui sms.


Internet Banking

Menurut sumber situs internet saya menemukan pengertian internet banking adalah pemanfaatan tekhnologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet, sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.

Dari pengertian internet banking diatas, maka sedikit dapat ditambahkan bahwa internet banking merupakan sebuah proses transaksi perbankan yang sudah berubah dari yang bersifat konvensional menjadi digital. Transaksi konvensional adalah sebuah transaksi yang memerlukan interaksi secara langsung antara nasabah dan petugas bank.

Jika dengan melakukan transkasi bank secara konvensional dibutuhkan adanya kontak fisik antara pihak bank dengan nasabah, maka ketika menggunakan transaksi digital hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Untuk melakukan transaski bank secara digital, maka aksi komunikasi yang terjalin hanya melalui komunikasi tertulis dengan perantara internet.


Internet Banking Di Indonesia

Setelah dikupas tuntas tentang pengertian internet banking pada tulisan diatas, maka pada bagian ini kita akan membas sedikit mengenai pemanfaatan internet banking di Indonesia, dimana seperti yang banyak kita ketahui, bahwa semenjak tahun 2000 sudah ada metode transkasi internet banking di Indonesia. Meski demikian sampai saat ini keberadaan metode transkasi bank dengan menggunakan layanan internet ini belumlah dilakukan secara maksimal.

Adapun kendala dalam pelaksanaan bertransaksi menggunakan internet banking di Indonesia, kerena disebabkan sistem infrastruktur yang belum memadai dan ditambah lagi belum banyak Bank yang menyediakan fasilitas internet banking secara maksimal di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar